Rab. Des 7th, 2022

Alfiah adalah satu di antara mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak yang ditetapkan sebagai Peserta Program Bantuan Riset Bagi Talenta Riset dan Inovasi (BARISTA) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Gelombang II Tahun 2022. Hal ini berdasarkan Keputusan Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor: 133/II/HK/2022 tanggal 26 Agustus tahun 2022 tentang Peserta Program Bantuan Riset Bagi Talenta Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Menurut Alfiah saat mengurus program bantuan tersebut ia bermodalkan doa, usaha, dan ikhtiar. Ia merasa bahwa menerima bantuan pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah keinginan setiap Mahasiswa, ia juga merasa bangga karena di antara banyak pendaftar, ia menjadi salah satu mahasiswa yang lolos dan mendapatkan bantuan dari BRIN. Selain dirinya, Alfiah mengaku bahwa orang tuanya merasa senang karena dapat meringankan biaya pendidikan Alfiah.

“Orang tua sudah tahu dan sangat senang. Apalagi menginjak semester tua, pasti pengeluaran biaya lebih meningkat. Tapi setelah mendapatkan bantuan atau beasiswa ini bisa meringankan beban meraka” Syukurnya.

Berkaitan dengan bantuan BARISTA BRIN ini Alfiah berhak mendapatkan pendampingan kegiatan riset oleh periset Badan Riset dan Inovasi Nasional dan bantuan pembiayaan riset tugas akhir, berupa bantuan uang kuliah tunggal (UKT) selama 2 Semester. Selain itu peserta juga menerima bantuan biaya riset tugas akhir sesuai jenjang pendidikan. Pemberian bantuan biaya riset tugas akhir mempertimbangkan status kemajuan studi pada semester yang ditentukan dan penyampaian laporan hasil riset tugas akhir yang dilaksanakan.

Ketua Prodi PIAUD FTIK IAIN Pontianak Rahnang, S.Pd.I., M.Pd.I mengatakan bahwa informasi lolosnya Alfiah sebagai peserta BARISTA BRIN dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FTIK Dr. Sarhani, S.E.I, M.Pd. Rahnang mengaku turut bangga dan senang karena Mahasiswa PIAUD berhasil lolos pada Program BRIN.

“Alfiah merupakan salah satu Mahasiswa prodi PIAUD yang kesehariannya selalu ceria, aktif, dan begitu bersemangat dalam perkuliahan. Kami mendukung dan mendoakan Alfiah dapat mempertanggungjawabkan ketentuan yang diberikan, terutama riset tugas akhirnya”, dukungnya.

Rahnang juga mengucap syukur atas kesempatan yang diberikan oleh BRIN kepada mahasiswanya, karena bantuan terutama biaya pendidikan dan riset sangat diperlukan mahasiswa. Ia juga berharap jejaring kerjasama terkait riset ini terus berlanjut.

“Alhamdulillah sebagai ketua prodi saya sangat senang dan bangga serta mengucapkan ribuan terima kasih kepada BRIN karena telah mendukung riset di perguruan tinggi, khususnya di IAIN Pontianak semoga terus berlanjut dan kita dapat berkolaborasi terkait riset dan publikasi lain. Sukses selalu untuk BRIN” ujarnya.

Sekretaris Prodi PIAUD Farninda Aditya, M.Pd juga mengungkapkan rasa syukurnya terpilihnya Alfiah sebagai peserta BARISTA BRIN. Farninda berharap lolosnya Alfiah memberikan inspirasi dan pembelajaran kepada mahasiswa lain bahwa ada peluang untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan dan riset.

“Suksesnya Alfiah memberikan penguatan kepada mahasiswa bahwa ada peluang untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan dan riset, apalagi BRIN telah memberi kesempatan kepada mahasiswa IAIN Pontianak sebagai peserta tak cuma 1 sampai 5 orang, tetapi mencapai 15. Semoga jumlah mahasiswa yang mengajukan meningkat, begitu pula yang lolosnya. Kepada mahasiswa selalu mau bersosialisasi, cari informasi dan tindaklanjuti”, semangatnya.


Penulis: Mita Hairani, Admin Web PIAUD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *