Rab. Des 7th, 2022

Dosen Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) FTIK IAIN Pontianak, kembali menorehkan prestasinya dalam bentuk terbit artikel jurnal pada Jurnal terakreditasi SINTA 5. Artikel tersebut terbit pada Jurnal  JOTE (Journal On Teacher Education) berjudul Meningkatkan Kemandirian melalui Metode Bercerita dengan Bantal Cerita di Taman Pengasuhan Anak Baiti Cendikia Pontianak Vol. 4 No. 1 (2022). Terbitnya artikel pada jurnal JOTE memberikan semangat berkarya untuk Siska sebagai Dosen serta berhasil untuk menjadi syarat untuk Penilaian Angka Kredit (PAK).


“Terbitnya pada tahun 2022 ini, alhamdulillah bisa mencukupi penilaian PAK. Perlu banyak belajar lagi terutama terkait Penelitian atau tulis-menulis ini”, ceritanya.

Siska Perdina, M.Pd

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan proses dan hasil belajar melalui metode bercerita yang dapat meningkatkan kemandirian anak di Taman Pengasuhan Anak Baiti Cendikia Pontianak. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 6 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan menganalisis data wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif dengan membandingkan hasil yang diperoleh dari pra-intervensi, siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak melalui metode bercerita dengan bantal cerita. Pada siklus I anak yang sudah berkembang masih 20-30%. Pada siklus II anak yang sudah berkembang rata-rata 50-60%. Sedangkan pada siklus III anak yang sudah berkembang mencapai 70-90% pada masing-masing aspek perkembangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *